PDA

View Full Version : Proses utk mjd Anggota Perbakin



B3DL
10-16-2008, 08:18 PM
Sehubungan dengan bbrp pertanyaan ttg bgmn cara utk mjd Anggota Perbakin, sy mencoba merangkumkannya, baik dari sumber resmi Perbakin, teman2 Perbakin serta pengalaman pribadi, mhn diluruskan apbl ada yg salah serta dilengkapi oleh para senior & rekan2 semua. Terima kasih.
Proses menjadi anggota Perbakin :
1. Hubungi Pengda / Pengcap PERBAKIN dan minta informasi
2. Terlebih dahulu anda harus menjadi anggota klub/perkumpulan. Pilih dan hubungi klub terdaftar dan diakui PB Perbakin/Pengda setempat yang anda inginkan. Penuhi persyaratan-persyaratan keanggotaan yang diwajibkan oleh masing-masing klub
3. Setelah satu tahun menjadi anggota klub, keanggotaan anda akan di proses ke Pengda/Pengcap PERBAKIN, dengan syarat-syarat yang ditentukan,al.
- mengisi formulir keanggotaan Perbakin
- meminta rekomendasi 2 (dua) orang angg.
Perbakin yg aktif,FC KTP dan KTA nya.
- SKCK
- pas foto-4x6 4 lbr;3x4 4 lbr
- surat ket.dokter sehat jasmani dan rohani
- umur minimal 14 th u/atlet target
umur minimal 21 th u/atlet berburu
4. Untuk atlet berburu dan atlet tembak reaksi, wajib mengikuti dan lulus pendidikan khusus.
5. Berkas pengajuan keanggotaan anda akan dikirim oleh pengda ke PB.PERBAKIN
6. Bila seluruh persyaratan telah dipenuhi, maka anda akan mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh PB.PERBAKIN, ditandatangani oleh ketua umum tersebut berlaku untuk jangka waktu 1 (satu ) tahun,dulu 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang dengan syarat-syarat tertentu.Pas foto,FC Sertifikat Penataran Berburu,FC KTA,FC KTP dan ditanda tangani oleh ketua klub bersangkutan.
7. Kartu Tanda Anggota PERBAKIN sebagai bukti sah anda menjadi anggota PERBAKIN dan dapat digunakan untuk persyaratan pembelian senjata, peluru, mengikuti kejuaraan, dan lain-lain.

KTA PERBAKIN berdasar Pihak yg mengeluarkan terdiri dari : KTA Pengda dan KTA PB.
KTA Pengda biasanya dikeluarkan untuk anggota klub terdaftar di Pengda setempat. Jg sebagai salah satu syarat untuk membuat KTA PB.Perbakin
KTA PB. PERBAKIN berdasar peruntukannya terdiri dari : KTA ATLET TARGET , KTA BERBURU dan KTA Tembak Reaksi.
KTA untuk Atlet biayanya jauh lebih murah dan pengajuannya lebih mudah tergantung masing-masing Pengurus Daerah.
Anggota Perbakin harus mengikuti “Ujian Ketrampilan Menembak” yang diadakan oleh Pengda Perbakin bekerja sama dgn Pihak terkait (Polri, Dep.Kehutanan serta pengawas dari PB. Perbakin). Hari pertama Peserta akan diberi pengarahan & cara2 menembak senjata api. Senjata boleh bawa senciri atau menggunakan senjata yg disediakan panitya (biasanya SS 1), cukup mengganti biaya amunisi. Jarak sasaran 100 m, Amunisi sebanyak 15 butir, untuk posisi tiarap/prone 5 btr, duduk 5 btr, berdiri 5 btr. Hari ke2 baru Pelaksanaan Ujian. Hasilnya berupa : Lulus Kelas I (tertinggi, kl ga salah nilai diatas 70), Kelas II, dan Kelas III, serta Tidak Lulus. Apbl tdk lulus boleh mengulang pada Ujian berikutnya.
Khusus untuk KTA Berburu juga harus lulus “Penataran Berburu” dari PB Perbakin dan mendapatkan sertifikat. Biasanya selama 2 hari. Materi penataran meliputi :
1. kumpulan peraturan perundang undangan yg mengatur senjata api non organik TNI/Polri u/olah raga anggota Perbakin

2. kumpulan undang2 no.5 th 1990 ttg konservasi sumber daya manusia hayati dan ekosistemnya,dan peraturan pemerintah no.13 th 1994 ttg perburuan satwa buru

3. pengetahuan senjata dan amunisi u/berburu

4. perluasan cakrawala berburu di Indonesia

5. upaya mengatasi kecelakaan dalam perburuan dan survival.

6. dulu ada pengetahuan medan dan kompas,sekarang sdh ditiadakan,sayang .

Sayangnya Penataran Berburu ini msh jarang diadakan (tdk tiap tahun ada). Sehingga apbl ingin cepat hrs cari info pengda mana yg dlmthn ini mengadakan Penataran Berburu.
setelah lulus/mendapatkan KTA perbakin, KTA tersebut dapat digunakan sebagai syarat untuk membeli senjata api berburu,dan amunisinya.
Tahap selanjutnya untuk Berburu adalah mengajukan Akta Berburu Babi Hutan/buku ijin berburu (biayanya beda dgn KTA),yg berlaku selama 1(satu) tahun. Akta berburu ini hrs dilaporkan & dicap oleh Polsek setempat di daerah perburuan, baik pd wkt kedatangan maupun pd saat meninggalkan lokasi.

Harus diingat bahwa Senjata Api dlm sehari-hari tdk boleh disimpan dirumah. (harus disimpan ditempat penyimpanan senjata api/Gudang Senjata.
Dalam hal ini untuk Pengcab yg blm py Gudang Senjata sendiri biasanya disimpan di gudang senjata Polres setempat. Utk Pengcab yg sdh punya gudang senjata sendiri, biasanya dibangun sendiri ttp lokasi berada di dalam Polres & kunci dipegang baik oleh Pengurus Pengcab Perbakin jg dipegang oleh Polres. ( jd tdk bs msk tanpa seijin Polres)
Senjata Api bisa dikeluarkan untuk keperluan Latihan dan Pertandingan atau Berburu.
setiap kali mengeluarkan senapan untuk kegiatan apapun harus mengajukan SIASA (Surat Ijin Angkut Senjata Api), batas waktu dan jumlah peluru disesuaikan dengan keperluan. Ut kegiatan berburu amunisi pasti tdk sebanyak apbl ut latihan.

untuk KTA PERBAKIN bid. tembak TARGET, mekanismenya juga harus mengikuti penataran tembak target, biasanya lebih mudah dibandingkan KTA berburu,
Utk tembak reaksi perlu persyaratan lain lagi.
Utk mendapatkan KTA TR, peserta harus terlebih dahulu ikut club2 menembak yg menggunakan senpi pistol yg diakui oleh PB , lalu mengikuti & lulus dr penataran IPSC.

Mhn maaf kl salah, ayo dilengkapi utk kebaikan kita bersama.

rosyidbedhil
10-16-2008, 11:31 PM
matur nuwun brobdl, jadi tau deh...:) emang brob2dl top markotop deh, gamblang bgt... cuma yg di luar teori di atas gak usah disebutin ya, ntar menyesatkan...:laugh: jadi kapan ane bisa ikut penataran di pengda jabar nih?:)

B3DL
10-17-2008, 02:32 PM
Wah... sy msh junior kok,:blush: br tau sedikit2, Siap mas... diluar itu berikut biaya tdk ditampilkan krn bs berbeda pada masing-masing pengcab dan pengda. Kebetulan Pengda jabar sdh thn lalu, wkt itu yg ikut jg ada dr jateng & jatim. ntar kl ada lg Insya Allah sy informasikan. mtr nwn...mas dah diingatkan.;)
OmPanci, omAmbhara, broArma, BroBlackd & bros smua ditunggu tambahannya ya....

melinuxid
10-17-2008, 02:38 PM
wah tq berat infonya...
jadi ane yg bener bener awwam di informasi ini jadi bisa tau... ribet rupanya...hehehehehehe

terpaksa jadi ronin ajalah skrg....

riffaii
10-17-2008, 03:18 PM
wah boleh jg nih...tp ane kudu ikut klub dulu ya...bro b3dl di tasik ada klub apa aja? kalo di bdg yg aktif cuman telkom doank..itu pun khusus pegawai telkom...

ambhara48
10-17-2008, 06:22 PM
Kalau sekarang sdh jelas bagaimana prosesnya utk menjadi anggota Perbakin (apalagi KTA Berburu), nanti bila sudah menjadi anggota mohon agar selalu patuh dah commit dgn peraturan yg berlaku, misalnya jangan menggunakan sengin utk menembak BH karena ini jelas2 melanggar, apalagi kl pakai diekspose segala, bisa2 kena skorsing oleh pengurus bidang disiplin, dan kalau masih bandel juga jangan2 KTA dicabut.

Bukan saya yg melarang lho, tetapi peraturannya memang demikian. Salam sejahtera bro.

melinuxid
10-17-2008, 06:43 PM
yup s7 dengan bro ambhara..

menggunakan sengin secara aman..supaya tetap aman menggunakan sengin....

armalite
10-17-2008, 06:52 PM
Utk sengin ambil KTA PerBaTikIn aja

pancigosonk
10-17-2008, 07:30 PM
PER kumpulan-penem BA k-TIK us-se IN donesia,ketum bro melinuxid.

kendhi
10-17-2008, 11:25 PM
bros semua ada yang tau kagak pengda mana yang akan adaiin penataran tuk tahun ini atau tahun depan ?
mohon informasinya trims

B3DL
10-17-2008, 11:35 PM
riffaii wrote:

wah boleh jg nih...tp ane kudu ikut klub dulu ya...bro b3dl di tasik ada klub apa aja? kalo di bdg yg aktif cuman telkom doank..itu pun khusus pegawai telkom...

di Tasik ada Galunggung Shooting Club (GSC), singkatan yg sama dg klub di Cianjur (Gadung Shooting Club), he he he
ada jg Cobak di Ciamis.
Sy rasa di Bandung ada bbrp bro, mungkin blm ketemu aja, sy cb carikan dl ya...:)

@ brokendhi : saat ini sy blm tahu bro, kl sdh nemu pasti di info.kan.

@ bromel: gmn wacana IAG mjd club yg dah pernah dilontarkan? biar bro merangkap jg sbg ketum Perbatikin, he he he

kendhi
10-18-2008, 01:05 AM
oke trims bro bedel...

untuk bros2 yang lain klo ada info dikasih tahukan kesemua teman2 ya...
sapa tahu ada yang mo ngikut

maturnuwun...

spoon
10-18-2008, 02:14 AM
Gw masuk duluan dah kalo IAG jadi club beneran :laugh:
Walaupun jarang setoran perbatikin, baru sekali :P

pancigosonk
10-19-2008, 05:08 AM
kode etik berburu Perbakin
sapta Etika Perbakin

1. saya akan selalu berusaha memelihara keamanan,ketertiban dan kesopanan dimanapun saya berburu.
2. saya akan selalu berusaha mematuhi segala peraturan yg berlaku ttg berburu dan penggunaan berbagai senjata api,terutama penggunaan dan cara cara pengamanannya.
3. saya akan berusaha dgn ajakan dan cara yg dapat meyakinkan agar yg berburu dgn saya juga mematuhi segala peraturan yg berlaku yg menyangkut perburuan,satwa yg dilindungi dan senjata-api.
4. saya akan selalu berusaha tidak menyia-nyiakan satwa hasil buruan saya.
5. saya akan berusaha menjadi pemburu yg trampil dan mahir u/dapat menjamin tembakan yg tepat tanpa menimbulkan penderitaan bagi satwa yg diburu.
6. saya akan berusaha membantu usaha2 konservasi yg menjamin kelestarian satwa buruan dan kelangsungan olah raga berburu bagi generasi penerus.
7. saya akan selalu berusaha menjadi teladan bagi pemburu2 remaja agar mau mengembangkan sikap dan ketrampilan yg perlu dimiliki u/menjadi pemburu yg baik.

melinuxid
10-19-2008, 03:04 PM
B3DL wrote:


............@ bromel: gmn wacana IAG mjd club yg dah pernah dilontarkan? biar bro merangkap jg sbg ketum Perbatikin, he he he...........


hehehehehehe...kalau IAG mo jadi klub...masalahnya ane awwam beneran...

soal ketum perbatikin itu menunggu rapat dewan komisaris...calon kuat keknya bro arma

armalite
10-19-2008, 08:26 PM
Waaa
angkat tangan deh gw
hahaha

pancigosonk
10-20-2008, 12:46 AM
bisa saja IAG jadi klub menembak sengin.Tinggal buat AD-ART nya.bisa pinjam lihat dari beberapa klub yg sdh ada.buat kepengurusan,yg mudah saja.Penasihat,Ketua umum,Wakil Ketua,Bendahara,Sekretaris Umum,Ketua bidang target,Ketua bidang berburu.tentukan iuran tahunan,disain KTA nya.form pendaftaran dan pernyataan jgn lupa diisi kalau mau jadi anggota,siiiip deh

pancigosonk
10-20-2008, 01:13 AM
Ada beberapa keterangan yg dapat kita pelajari yaitu al:
Berburu adalah menangkap dan/atau membunuh satwa buru termasuk mengambil atau memindahkan telur-telur dan/atau sarang satwa buru

Perburuan adalah segala sesuatu yg bersangkut paut dgn kegiatan berburu

Pemburu adalah orang atau kelompok orangn yg melakukan kegiatan berburu

Satwa buru adalah jenis satwa liar tertentu yg ditetapkan dapat diburu.

Satwa buru pada dasarnya adalah satwa liar yg tidak dilindungi

Satwa buru digolongkan menjadi:a.burung
b.satwa kecil
c.satwa besar

Alat berburu terdiri dari:
a.senjata api buru
b.senjata angin
c.alat berburu tradisional
d.alat berburu lainnya

Penggunaan alat berburu sebagaimana dimaksud diatas disesuaikan dengan jenis satwa buru.

semoga bermanfaat,silahkan ditambahi dan dikoreksi.

rimba900
02-12-2009, 08:45 PM
wakakakak klo dah lo cian pwe yg ngomong apa na lagi yg mau di tambahin.
ntar tecu malah kualat :D

biawak
02-13-2009, 06:14 AM
Sebuah wacana yang menarik untuk di ulas + kupas + voting + sosialisasi sampe tuntas !!!
Monggo yang Capable dalam urusan ini sumbang urun rembug....
Tapi apakah mungkin ? karena anggota IAG tersebar di seluruh wilayah indonesia !!!!
Sekedar usulan(apabila terjadi), alangkah lebih hematnya kalo ikut wilayah banten saja...
Maturnuwun....

@rimba kalo suka tjersil ane ada secukupnya kalo mau iseng2 nostalgila...:laugh:

melinuxid
02-13-2009, 07:53 AM
sian cai ...sian cai..... bagaimana pangcu.....
pinto ikut saja.....huahahahahahaha

rere
02-13-2009, 04:02 PM
hallo met kenal bro2 semua, sy newbie dr Bogor, ikut gabung ya, n maap kl ada salah2 tulis ya

rimba900
02-13-2009, 09:09 PM
wah ampe lupa bro biawak yg kolektor KPH wakakakak dulu juga suka baca bro,tp gak sampe koleksi.

spoon
02-13-2009, 09:37 PM
Wah bro biawak lengkap ya koleksinya, boleh dah kapan2 bertandang ke perpustakaannya... cuma susah nih kalo dah baca KPH, bisa ga tidur2 :laugh:

biawak
02-14-2009, 07:50 AM
spoon wrote:

Wah bro biawak lengkap ya koleksinya, boleh dah kapan2 bertandang ke perpustakaannya... cuma susah nih kalo dah baca KPH, bisa ga tidur2 :laugh:

:laugh: :laugh: :laugh: @spoon @rimba....
kalo kaga sempat... ndak perlu singgah, sebut aje judul / tokohnya (cetakan kisaran taon\'30-now)....!
insyaAllah ane ada dan dikirim ampe tempat gratisssss......
tapi syaratnya tidak boleh rusak..apalagi ilang.... soalnya tjersil ane kebanyakan cetakan 1 semua... dan ini sebagai pecinta tjersil harganya sekota saking langkanya !
dan jangan lupa kalo kirim balik ada dendengnya......:laugh: :laugh: :laugh:
syukur2 kalo dah kesengsem dituker ama sumatranya @rimba...ehm, khusus @spoon yang buat latihan grouping juga ane terima kok...

Back to Perbakin...

rimba900
02-14-2009, 12:16 PM
:D :D :D

mbah Bedjo
02-17-2009, 10:41 AM
rere wrote:

hallo met kenal bro2 semua, sy newbie dr Bogor, ikut gabung ya, n maap kl ada salah2 tulis ya

salalm kenal juga kang :) , bogor dimana? :)

B3DL
02-18-2009, 06:59 PM
biawak wrote:

spoon wrote:

Wah bro biawak lengkap ya koleksinya, boleh dah kapan2 bertandang ke perpustakaannya... cuma susah nih kalo dah baca KPH, bisa ga tidur2 :laugh:

:laugh: :laugh: :laugh: @spoon @rimba....
kalo kaga sempat... ndak perlu singgah, sebut aje judul / tokohnya (cetakan kisaran taon\'30-now)....!
insyaAllah ane ada dan dikirim ampe tempat gratisssss......
tapi syaratnya tidak boleh rusak..apalagi ilang.... soalnya tjersil ane kebanyakan cetakan 1 semua... dan ini sebagai pecinta tjersil harganya sekota saking langkanya !
dan jangan lupa kalo kirim balik ada dendengnya......:laugh: :laugh: :laugh:
syukur2 kalo dah kesengsem dituker ama sumatranya @rimba...ehm, khusus @spoon yang buat latihan grouping juga ane terima kok...

Back to Perbakin...

Wah ngomon2 soal buku, sy sdh dikirim smbro bia novel Si Pemburu karya Hario Kecik. Muanteb, cucok banget deh, eh pas sy cari d Gramed tampat sy ga ada stok, asem tenan, he he he
Pokoke mtr nwn banget wat mas Bi, suwun ya mas....

biawak
02-19-2009, 05:44 AM
B3DL wrote:

biawak wrote:

spoon wrote:

Wah bro biawak lengkap ya koleksinya, boleh dah kapan2 bertandang ke perpustakaannya... cuma susah nih kalo dah baca KPH, bisa ga tidur2 :laugh:

:laugh: :laugh: :laugh: @spoon @rimba....
kalo kaga sempat... ndak perlu singgah, sebut aje judul / tokohnya (cetakan kisaran taon\'30-now)....!
insyaAllah ane ada dan dikirim ampe tempat gratisssss......
tapi syaratnya tidak boleh rusak..apalagi ilang.... soalnya tjersil ane kebanyakan cetakan 1 semua... dan ini sebagai pecinta tjersil harganya sekota saking langkanya !
dan jangan lupa kalo kirim balik ada dendengnya......:laugh: :laugh: :laugh:
syukur2 kalo dah kesengsem dituker ama sumatranya @rimba...ehm, khusus @spoon yang buat latihan grouping juga ane terima kok...

Back to Perbakin...

Wah ngomon2 soal buku, sy sdh dikirim smbro bia novel Si Pemburu karya Hario Kecik. Muanteb, cucok banget deh, eh pas sy cari d Gramed tampat sy ga ada stok, asem tenan, he he he
Pokoke mtr nwn banget wat mas Bi, suwun ya mas....

Halah... moga2 cocok ama selera sampean.... biar bisa buat bacaan pengantar tidur !!!

Setan Alas
02-19-2009, 11:10 AM
Kok.. aku ga dikirimi pisan mas...?? :angry: :angry: (ngiri mood on... wekkekkkekk)

biawak
02-19-2009, 11:33 AM
Setan Alas wrote:

Kok.. aku ga dikirimi pisan mas...?? :angry: :angry: (ngiri mood on... wekkekkkekk)

Ming buku novel lho mas.... monggo nek gelem, aku di sms alamate...(no.hp ada di bro meli)
dikirm sampe tempat.... kebetulan juga ada cerita nembak boyo jumbo di banyuwangi...

Setan Alas
03-07-2009, 01:05 PM
Ternyata Perbakin di Palangka lagi Mati suri nih... aku sdh coba cari-cari info keberadaannya tapi buntu... sampai-sampai ada mobil yang di tempelin stiker \"PERBAKIN KALIMANTAN TENGAH\" Aku samperin... tanya ke yang lagi nyetir... ternyata beliau cuma dapat stikernya doang.. belum \"sempat\" dapat KTA... trus.. wadah Perbakinnya ga ada aktifitasnya..
Beberapa teman yang msh ingin gabung sbg angg.Perbakin mencoba menelusuri \"keberadaan\" pengurus di Palangkaraya juga tidak menemukan titik terang...

Akhirnya kemarin sempat telp Bro Ros.. ama Bro Panci, tapi belum ada kabar balik nih... teman-teman barang kali ada yang punya kenalan di Palangkaraya atau Kal Teng scr umum yg bisa membantu para pecinta sengin di sini agar lebih terkoordinir, pny \"gairah\" yg lebih ter arah... dan menambah persaudaraan...

Tx

seapitt_b
03-19-2009, 06:48 PM
Yang orang bogor ada infomasi tentang klub menembak di bogor, maaf sebelumnya karena lumayan sulit cari club menembak di bogor, terimakasih

rimba900
03-19-2009, 10:08 PM
wah perasaan byk tuh member IAG di bogor ayo dunk pada nongol hahaha

seapitt_b
03-21-2009, 09:38 AM
wah perasaan byk tuh member IAG di bogor ayo dunk pada nongol hahaha

Wah kayaknya mesti diburu dulu orang2 bogornya bro...Tapi gimana kalau dibuka thread kaya IAG Bogor, IAG Jakarta, dll bukannya memebeda2kan lho cuma memancing teman2 yang mempunyai lokasi sama, dan siapa tahu bisa saling bertukar infomasi spot hunting di daerahnya,... ini cuma saran lhoo

AMBHARA
03-21-2009, 10:19 AM
mhn maaf usul dan saran : bagi member IAG yg aktif berburu :
1. Apakah IAG membuat club resmi yang didaftarkan di Perbakin
2. Atau masing2 member masuk ke club Perbakin yg sudah ada didaerahnya dan mendaftar utk menjadi anggota supaya bisa mendapat KTA Perbakin,
Untuk itu bisa minta advis dari bro Panci yg aktif sgb pengurus di Perbakin DKI.

Saya yakin akan banyak manfaatnya dalam melakukan wisata buru maskipun hanya membawa sengin,

Wallaby
03-21-2009, 10:55 AM
mhn maaf usul dan saran : bagi member IAG yg aktif berburu :
1. Apakah IAG membuat club resmi yang didaftarkan di Perbakin
2. Atau masing2 member masuk ke club Perbakin yg sudah ada didaerahnya dan mendaftar utk menjadi anggota supaya bisa mendapat KTA Perbakin,
Untuk itu bisa minta advis dari bro Panci yg aktif sgb pengurus di Perbakin DKI.

Saya yakin akan banyak manfaatnya dalam melakukan wisata buru maskipun hanya membawa sengin,
saya n temen2 di sorong papua pengen sich ikutan perbakin, cuma di sini nggak ada club maupun perbakin.
trus gimana dong caranya biar bisa dapet kta perbakin ?
mohon masukannya bro :kilau:

o iya bro cara hubungi bro panci di mana bro ?

pancigosonk
03-21-2009, 07:33 PM
Bisa PM atau email ke panci_gosonk@yahoo.com bro.ntar dicarikan solusinya yg terbaik.monggo

melinuxid
03-21-2009, 09:04 PM
mhn maaf usul dan saran : bagi member IAG yg aktif berburu :
1. Apakah IAG membuat club resmi yang didaftarkan di Perbakin
2. Atau masing2 member masuk ke club Perbakin yg sudah ada didaerahnya dan mendaftar utk menjadi anggota supaya bisa mendapat KTA Perbakin,
Untuk itu bisa minta advis dari bro Panci yg aktif sgb pengurus di Perbakin DKI.

Saya yakin akan banyak manfaatnya dalam melakukan wisata buru maskipun hanya membawa sengin,


Sekedar menanggapi butir I dari pak ambhara.. IAG untuk saat ini tidak akan diarahkan menjadi sebuah klub, hal ini supaya menjaga ke-heterogenitas latar belakang member...

thx atas pertanyaannya pak.

melinuxid
03-21-2009, 09:10 PM
Wah kayaknya mesti diburu dulu orang2 bogornya bro...Tapi gimana kalau dibuka thread kaya IAG Bogor, IAG Jakarta, dll bukannya memebeda2kan lho cuma memancing teman2 yang mempunyai lokasi sama, dan siapa tahu bisa saling bertukar infomasi spot hunting di daerahnya,... ini cuma saran lhoo

ok bro...mmg usulan sudah dipikirkan....

untuk sementara bisa di buatkan treat saja di segmen : "Selamat Datang..." -> "Perkenalan.."

misalnya : "Yang di wilayah Bogor..pada absen disini.." ....

bro seapitt_b keknya bisa memulainya....

thx atas masukannya

seapitt_b
03-21-2009, 10:44 PM
ok bro...mmg usulan sudah dipikirkan....

untuk sementara bisa di buatkan treat saja di segmen : "Selamat Datang..." -> "Perkenalan.."

misalnya : "Yang di wilayah Bogor..pada absen disini.." ....

bro seapitt_b keknya bisa memulainya....

thx atas masukannya


Wah nanti bisa saling bersaing perguruan ya kekekeke tapi selama positif kenapa tidak, setiap orang kan boleh berkreasi, dan kreasi menjadi seni yg sangat indah, dalam hal ini menembak kekekeke:wowcantik:

Soegeng.patrick
03-24-2009, 08:43 AM
Sehubungan dengan bbrp pertanyaan ttg bgmn cara utk mjd Anggota Perbakin, sy mencoba merangkumkannya, baik dari sumber resmi Perbakin, teman2 Perbakin serta pengalaman pribadi, mhn diluruskan apbl ada yg salah serta dilengkapi oleh para senior & rekan2 semua. Terima kasih.
Proses menjadi anggota Perbakin :
1. Hubungi Pengda / Pengcap PERBAKIN dan minta informasi
2. Terlebih dahulu anda harus menjadi anggota klub/perkumpulan. Pilih dan hubungi klub terdaftar dan diakui PB Perbakin/Pengda setempat yang anda inginkan. Penuhi persyaratan-persyaratan keanggotaan yang diwajibkan oleh masing-masing klub
3. Setelah satu tahun menjadi anggota klub, keanggotaan anda akan di proses ke Pengda/Pengcap PERBAKIN, dengan syarat-syarat yang ditentukan,al.
- mengisi formulir keanggotaan Perbakin
- meminta rekomendasi 2 (dua) orang angg.
Perbakin yg aktif,FC KTP dan KTA nya.
- SKCK
- pas foto-4x6 4 lbr;3x4 4 lbr
- surat ket.dokter sehat jasmani dan rohani
- umur minimal 14 th u/atlet target
umur minimal 21 th u/atlet berburu
4. Untuk atlet berburu dan atlet tembak reaksi, wajib mengikuti dan lulus pendidikan khusus.
5. Berkas pengajuan keanggotaan anda akan dikirim oleh pengda ke PB.PERBAKIN
6. Bila seluruh persyaratan telah dipenuhi, maka anda akan mendapat Kartu Tanda Anggota (KTA) yang dikeluarkan oleh PB.PERBAKIN, ditandatangani oleh ketua umum tersebut berlaku untuk jangka waktu 1 (satu ) tahun,dulu 2 (dua) tahun dan dapat diperpanjang dengan syarat-syarat tertentu.Pas foto,FC Sertifikat Penataran Berburu,FC KTA,FC KTP dan ditanda tangani oleh ketua klub bersangkutan.
7. Kartu Tanda Anggota PERBAKIN sebagai bukti sah anda menjadi anggota PERBAKIN dan dapat digunakan untuk persyaratan pembelian senjata, peluru, mengikuti kejuaraan, dan lain-lain.

KTA PERBAKIN berdasar Pihak yg mengeluarkan terdiri dari : KTA Pengda dan KTA PB.
KTA Pengda biasanya dikeluarkan untuk anggota klub terdaftar di Pengda setempat. Jg sebagai salah satu syarat untuk membuat KTA PB.Perbakin
KTA PB. PERBAKIN berdasar peruntukannya terdiri dari : KTA ATLET TARGET , KTA BERBURU dan KTA Tembak Reaksi.
KTA untuk Atlet biayanya jauh lebih murah dan pengajuannya lebih mudah tergantung masing-masing Pengurus Daerah.
Anggota Perbakin harus mengikuti “Ujian Ketrampilan Menembak” yang diadakan oleh Pengda Perbakin bekerja sama dgn Pihak terkait (Polri, Dep.Kehutanan serta pengawas dari PB. Perbakin). Hari pertama Peserta akan diberi pengarahan & cara2 menembak senjata api. Senjata boleh bawa senciri atau menggunakan senjata yg disediakan panitya (biasanya SS 1), cukup mengganti biaya amunisi. Jarak sasaran 100 m, Amunisi sebanyak 15 butir, untuk posisi tiarap/prone 5 btr, duduk 5 btr, berdiri 5 btr. Hari ke2 baru Pelaksanaan Ujian. Hasilnya berupa : Lulus Kelas I (tertinggi, kl ga salah nilai diatas 70), Kelas II, dan Kelas III, serta Tidak Lulus. Apbl tdk lulus boleh mengulang pada Ujian berikutnya.
Khusus untuk KTA Berburu juga harus lulus “Penataran Berburu” dari PB Perbakin dan mendapatkan sertifikat. Biasanya selama 2 hari. Materi penataran meliputi :
1. kumpulan peraturan perundang undangan yg mengatur senjata api non organik TNI/Polri u/olah raga anggota Perbakin

2. kumpulan undang2 no.5 th 1990 ttg konservasi sumber daya manusia hayati dan ekosistemnya,dan peraturan pemerintah no.13 th 1994 ttg perburuan satwa buru

3. pengetahuan senjata dan amunisi u/berburu

4. perluasan cakrawala berburu di Indonesia

5. upaya mengatasi kecelakaan dalam perburuan dan survival.

6. dulu ada pengetahuan medan dan kompas,sekarang sdh ditiadakan,sayang .

Sayangnya Penataran Berburu ini msh jarang diadakan (tdk tiap tahun ada). Sehingga apbl ingin cepat hrs cari info pengda mana yg dlmthn ini mengadakan Penataran Berburu.
setelah lulus/mendapatkan KTA perbakin, KTA tersebut dapat digunakan sebagai syarat untuk membeli senjata api berburu,dan amunisinya.
Tahap selanjutnya untuk Berburu adalah mengajukan Akta Berburu Babi Hutan/buku ijin berburu (biayanya beda dgn KTA),yg berlaku selama 1(satu) tahun. Akta berburu ini hrs dilaporkan & dicap oleh Polsek setempat di daerah perburuan, baik pd wkt kedatangan maupun pd saat meninggalkan lokasi.

Harus diingat bahwa Senjata Api dlm sehari-hari tdk boleh disimpan dirumah. (harus disimpan ditempat penyimpanan senjata api/Gudang Senjata.
Dalam hal ini untuk Pengcab yg blm py Gudang Senjata sendiri biasanya disimpan di gudang senjata Polres setempat. Utk Pengcab yg sdh punya gudang senjata sendiri, biasanya dibangun sendiri ttp lokasi berada di dalam Polres & kunci dipegang baik oleh Pengurus Pengcab Perbakin jg dipegang oleh Polres. ( jd tdk bs msk tanpa seijin Polres)
Senjata Api bisa dikeluarkan untuk keperluan Latihan dan Pertandingan atau Berburu.
setiap kali mengeluarkan senapan untuk kegiatan apapun harus mengajukan SIASA (Surat Ijin Angkut Senjata Api), batas waktu dan jumlah peluru disesuaikan dengan keperluan. Ut kegiatan berburu amunisi pasti tdk sebanyak apbl ut latihan.

untuk KTA PERBAKIN bid. tembak TARGET, mekanismenya juga harus mengikuti penataran tembak target, biasanya lebih mudah dibandingkan KTA berburu,
Utk tembak reaksi perlu persyaratan lain lagi.
Utk mendapatkan KTA TR, peserta harus terlebih dahulu ikut club2 menembak yg menggunakan senpi pistol yg diakui oleh PB , lalu mengikuti & lulus dr penataran IPSC.

Mhn maaf kl salah, ayo dilengkapi utk kebaikan kita bersama.

Welwh-welwh... ternyata perjalannan panjang untuk menjadi anggota perbakin. apa ada aturan harus memiliki Jenis senjata tertentu (PCP apa boleh gabung he...he...)

Kalau List klubnya bisa dapet di mana ya ??? Kalau IAG masuh Club apa bukan he...he....

RGDS
Patrick

afritz
03-24-2009, 08:47 AM
Welwh-welwh... ternyata perjalannan panjang untuk menjadi anggota perbakin. apa ada aturan harus memiliki Jenis senjata tertentu (PCP apa boleh gabung he...he...)

Kalau List klubnya bisa dapet di mana ya ??? Kalau IAG masuh Club apa bukan he...he....

RGDS
Patrick

IndoAirGunner bukan sebuah club menembak.

IndoAirGunner adalah komunitas penghobi senapan angin

Thanks

B3DL
03-24-2009, 10:17 AM
Welwh-welwh... ternyata perjalannan panjang untuk menjadi anggota perbakin. apa ada aturan harus memiliki Jenis senjata tertentu (PCP apa boleh gabung he...he...)

Kalau List klubnya bisa dapet di mana ya ??? Kalau IAG masuh Club apa bukan he...he....

RGDS
Patrick

Utk menjadi anggota Perbakin tdk hrs punya senjata bro, cukup punya kemauan...
Senjata kan tdk hrs punya sendiri, bisa berawal dari Teman atau Club jg bisa
Ibarat orang pingin py SIM kan tdk hrs py motor atau mobil sendiri kan? Aplg hrs py truk atau bis sendiri, he he he...

stevewirianto
08-01-2009, 12:48 AM
Bro bdl bagaiman yah cara dan peraturannya untuk hiba senpi ??

Thanks,

Steve

mbah Bedjo
08-01-2009, 10:25 AM
Wah kayaknya mesti diburu dulu orang2 bogornya bro...Tapi gimana kalau dibuka thread kaya IAG Bogor, IAG Jakarta, dll bukannya memebeda2kan lho cuma memancing teman2 yang mempunyai lokasi sama, dan siapa tahu bisa saling bertukar infomasi spot hunting di daerahnya,... ini cuma saran lhoo

Bro seapit coba main ke Perum Cimanggu disana ada pak Bambang kalo nggak salah beliau juga anggota Perbakin dech, banyak kok anak2 Cimanggu yang doyan nembak, sabtu minggu pada nongkrong di depan Perum yang ada pangkalan angkotnya

luke
08-17-2009, 10:19 AM
bagaimana dengan klub di Bandung? ada yg py info? rasanya yg orang bandung di iag bukan cm gua deh? soalnya sebelum masalah teroris selesai (dan kurasa masih lama) rasanya kok nggak pede bawa sengin keluar (kcl benyamin pompaku yg tercinta, soalnya semua orang lsg ngerti itu sengin), kecuali kl pas blusukan ke hutan, itupun dijalannya pake dibungkus2 dl. kayaknya butuh jg gabung ke club nih biar lebih nyaman.

mbah Bedjo
08-17-2009, 02:08 PM
se7 bro luke :tepuktangan:

obat
03-10-2010, 10:08 PM
to all mohon pencerahan , seya lagi bingung kalau pas mbaca kepanjangan PERBAKIN itu? kalau dilihat dari kosa kata mustinya sih Per (persatuan) Ba (menembak) In(Indonesia), tapi kok jadi persatuan menembak sasaran dan berburu Seluruh Indonesia...terus kok gak ada tembak reaksi.
nggg jadi yang mana yah?

antoag5
03-11-2010, 05:37 AM
to all mohon pencerahan , seya lagi bingung kalau pas mbaca kepanjangan PERBAKIN itu? kalau dilihat dari kosa kata mustinya sih Per (persatuan) Ba (menembak) In(Indonesia), tapi kok jadi persatuan menembak sasaran dan berburu Seluruh Indonesia...terus kok gak ada tembak reaksi.
nggg jadi yang mana yah?

Wah Bro... biasa itu... :)
PLN kan juga kalo gak salah saya pernah lihat di kantor PLN tulisannya Perusahaan Umum Listrik Negara

Kalo tembak reaksi kayaknya masuk ke dalam kegiatan perbakin termasuk baru ya ?

perbakin asal jangan lama2 jadi Perkumpulan Batok Kinclong aja... bisa berabe... :))

sorry kalo salah...

B3DL
03-11-2010, 05:59 PM
Waduh.... susah jg ya ut menjawab "knapa kepanjangan PERBAKIN itu? kalau dilihat dari kosa kata mustinya sih Per (persatuan) Ba (menembak) In(Indonesia), tapi kok jadi persatuan menembak sasaran dan berburu Seluruh Indonesia...terus kok gak ada tembak reaksi."

ini sedikit penggalan yg sy copas dari "Sejarah Berdirinya Perbakin" yang resmi dicatatkan di KONI:
Di Indonesia, olahraga menembak diawali dengan terbentuknya ” NICG ” atau singkatan dari Perkumpulan berburu dengan menggunakan senjata api. Kemunculan NICG pada paruh pertama abad 20 dari segi politik dan ekonomi ada dua hal, yakni strategi politik kolonial dan strategi pendekatan keamanan kepada masyarakat. Kebijakan ini kenyataannya memberikan kesempatan besar pada perusahaan asing untuk menyewa lahan pertanian. Situasi inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa NICG harus ada, saat itulah mereka orang eropa yang ada di tanah air menjadikan lahan pertanian yang mereka sewa sebagai lahan berburu, kegemaran berburu ini juga memiliki andil besar dalam rangka lahirnya olahraga menembak.

PON I Solo tahun 1948, memang tidak menyertakan cabang menembak untuk dipertandingkan meski saat itu Persatuan Buru sebagai wadah para hobbies telah dibentuk. Mudah dipahami, karena menembak pada waktu itu dikonotasikan sebagai aktifitas kerja politik bukan aktifitas olahraga. Baru pada tahun 1950, menembak masuk kedalam cabang olahraga, ketika itu Didi Kartasasmita, Oisaid Suryanatanegara, dan kawan-kawan membentuk Perhimpunan Olahraga Perburuan Indonesia (PORPI) yang dimaksud sebagai hobies dan olahraga, singkatnya olahraga menembak ini cepat mendapat tempat dihati masyarakat tetapi menembak sasaran belum nyata langkahnya.

Angin segar tampaknya menerpa para hobies yang tak jauh dari kesehariannya, tiga perwira angkatan darat mengadakan pendekatan kepada PORPI untuk memecahkan masalah. Ketiga perwira itu adalah Mayjen Sungkono, panglima divisi brawijaya. Kolonel Soedirgo, komandan CPM seluruh Indonesia, dan Kol. Purnomo, Staff CPM.

Tanggal 25 Mei 1960, mengadakan pertemuan dan hasilnya adalah pernyataan bahwa perlu dibentuk organisasi menembak dan berburu yang baru untuk menggantikan PORPI. Hasil ini disampaikan ke Kementerian Olahraga bahkan saat itu pula, Kementerian Olahraga sedang mengadakan pemantauan pada Olimpiade Roma 1960 tentang apa dan bagaimana aturan resmi olahraga menembak. Maka dalam waktu singkat, tepatnya 17 Juli 1960 resmi didirikan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia disingkat PERBAKIN yang peresmiannya dilakukan di Jawa timur.

Kl pendapat sy pribadi begini bro, (skali lagi pendapat pribadi lho!) :
kl hanya Persatuan Menembak Indonesia saja maka akan menimbulkan persepsi yg macam2, mk dijabarkan dlm kata2 "Menembak sasaran dan berburu"
Ut tembak reaksi betul kata bro Antoag5, tembak reaksi mrpk salah satu cabang terbaru yang ada di Perbakin
masa harus diubah lagi mjd Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu serta Tembak Reaksi Seluruh Indonesia? hehehe... piss ah..

Maaf kl salah, Brkl ada penjelasan lain yg lbh kumplit monggo....

palangireng
03-12-2010, 11:32 AM
mantab banget nas B3DL ckp detil penjelasannya,
kalo analoginya seperti ini bagaimana ya?
PERBAKIN: PT TELKOM
Menembak sasaran: TELKOMSEL
Berburu: FLEXI
Tembak Reasksi: SPEEDY :senyum::senyum:

ini hanya analogi lho mas B3DL nek salah pun didukani nggih

raiders
03-23-2010, 11:47 AM
Adakah oarang Jogja disini bro, yang dah punya KTA Perbakin?
Hubungin aq ya....

texas46
04-12-2010, 04:13 AM
ada ga peluru standar perbakin?

rosyidbedhil
04-12-2010, 08:32 AM
Adakah oarang Jogja disini bro, yang dah punya KTA Perbakin?
Hubungin aq ya....

knapa bro? ini perintah atau himbauan? yg butuh siapa? weks...hehehe

melinuxid
04-12-2010, 08:55 AM
knapa bro? ini perintah atau himbauan? yg butuh siapa? weks...hehehe

mau di seleksi....wkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk

aqila
05-15-2010, 10:27 AM
salam kenal.
pendaftaran anggota perbakin apakah harus sesuai degan domisili, apakah bisa daftar di propinsi lain. trims

pancigosonk
05-16-2010, 07:57 AM
U/broaqila,ya,harus sesuai dengan domisili,sesuai Pengcab dan Pengdanya kalau mau mendaftar jadi anggota.Tapi masuk klub yg dibawah naungan Pengcab-Pengda nya dulu baru bisa direkomendasikan u/menjadi anggota Perbakin.Jadi tidak bisa daftar di propinsi lain,harus sesuai domisili untuk memudahkan pemantauan dan pengecekan terutama u/kegiatan yg berhubungan dgn senpi dan ijin berburu.Semoga bisa diterima,mohon tambahan dari yg lain.

aqila
05-17-2010, 10:04 AM
U/broaqila,ya,harus sesuai dengan domisili,sesuai Pengcab dan Pengdanya kalau mau mendaftar jadi anggota.Tapi masuk klub yg dibawah naungan Pengcab-Pengda nya dulu baru bisa direkomendasikan u/menjadi anggota Perbakin.Jadi tidak bisa daftar di propinsi lain,harus sesuai domisili untuk memudahkan pemantauan dan pengecekan terutama u/kegiatan yg berhubungan dgn senpi dan ijin berburu.Semoga bisa diterima,mohon tambahan dari yg lain.

saya domisili di kabupaten, belum ada pengcab/pengda. kabupaten. kemana saya bisa mendaftar, apakah ke pengda propinsi?

pancigosonk
05-17-2010, 10:33 AM
mungkin bisa langsung ke Pengda Bengkulu langsung,untuk kejelasan persyaratan dllnya bisa ditanyakan disana.

aqila
05-20-2010, 10:58 AM
mungkin bisa langsung ke Pengda Bengkulu langsung,untuk kejelasan persyaratan dllnya bisa ditanyakan disana.

ok bro, terimakasih atas infonya, salam..

obat
05-30-2010, 03:55 PM
Waduh.... susah jg ya ut menjawab "knapa kepanjangan PERBAKIN itu? kalau dilihat dari kosa kata mustinya sih Per (persatuan) Ba (menembak) In(Indonesia), tapi kok jadi persatuan menembak sasaran dan berburu Seluruh Indonesia...terus kok gak ada tembak reaksi."

ini sedikit penggalan yg sy copas dari "Sejarah Berdirinya Perbakin" yang resmi dicatatkan di KONI:
Di Indonesia, olahraga menembak diawali dengan terbentuknya ” NICG ” atau singkatan dari Perkumpulan berburu dengan menggunakan senjata api. Kemunculan NICG pada paruh pertama abad 20 dari segi politik dan ekonomi ada dua hal, yakni strategi politik kolonial dan strategi pendekatan keamanan kepada masyarakat. Kebijakan ini kenyataannya memberikan kesempatan besar pada perusahaan asing untuk menyewa lahan pertanian. Situasi inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa NICG harus ada, saat itulah mereka orang eropa yang ada di tanah air menjadikan lahan pertanian yang mereka sewa sebagai lahan berburu, kegemaran berburu ini juga memiliki andil besar dalam rangka lahirnya olahraga menembak.

PON I Solo tahun 1948, memang tidak menyertakan cabang menembak untuk dipertandingkan meski saat itu Persatuan Buru sebagai wadah para hobbies telah dibentuk. Mudah dipahami, karena menembak pada waktu itu dikonotasikan sebagai aktifitas kerja politik bukan aktifitas olahraga. Baru pada tahun 1950, menembak masuk kedalam cabang olahraga, ketika itu Didi Kartasasmita, Oisaid Suryanatanegara, dan kawan-kawan membentuk Perhimpunan Olahraga Perburuan Indonesia (PORPI) yang dimaksud sebagai hobies dan olahraga, singkatnya olahraga menembak ini cepat mendapat tempat dihati masyarakat tetapi menembak sasaran belum nyata langkahnya.

Angin segar tampaknya menerpa para hobies yang tak jauh dari kesehariannya, tiga perwira angkatan darat mengadakan pendekatan kepada PORPI untuk memecahkan masalah. Ketiga perwira itu adalah Mayjen Sungkono, panglima divisi brawijaya. Kolonel Soedirgo, komandan CPM seluruh Indonesia, dan Kol. Purnomo, Staff CPM.

Tanggal 25 Mei 1960, mengadakan pertemuan dan hasilnya adalah pernyataan bahwa perlu dibentuk organisasi menembak dan berburu yang baru untuk menggantikan PORPI. Hasil ini disampaikan ke Kementerian Olahraga bahkan saat itu pula, Kementerian Olahraga sedang mengadakan pemantauan pada Olimpiade Roma 1960 tentang apa dan bagaimana aturan resmi olahraga menembak. Maka dalam waktu singkat, tepatnya 17 Juli 1960 resmi didirikan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia disingkat PERBAKIN yang peresmiannya dilakukan di Jawa timur.

Kl pendapat sy pribadi begini bro, (skali lagi pendapat pribadi lho!) :
kl hanya Persatuan Menembak Indonesia saja maka akan menimbulkan persepsi yg macam2, mk dijabarkan dlm kata2 "Menembak sasaran dan berburu"
Ut tembak reaksi betul kata bro Antoag5, tembak reaksi mrpk salah satu cabang terbaru yang ada di Perbakin
masa harus diubah lagi mjd Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu serta Tembak Reaksi Seluruh Indonesia? hehehe... piss ah..

Maaf kl salah, Brkl ada penjelasan lain yg lbh kumplit monggo....

ok, bro B3DL...thanks pencerahannya ...emang ane rada kesulitan dalam pelajaran bahasa Indonesia...hehehe lanjut ke topik.

B3DL
06-03-2010, 03:32 PM
Mohon maaf, biarpun agak telat ga ada salahnya sy meneruskan saja..

Pengda Perbakin Jabar kembali akan melaksanakan
Uji Keterampilan Menembak
pd tgl 19-20 Juni 2010,
di Lapbak Sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua, Lembang, Bandung
pendaftaran terakhir tgl 12 Juni 2010
bagi yg berminat bisa menghubungi Sekretariat Perbakin Jabar 022-5232143

sbg info, Uji Keterampilan Menembak ini diperlukan sebagai syarat ut dpt mengikuti Penataran Bidang Berburu..

demikian sekilas info, mhn maaf apbl ada kesalahan & kurang berkenan....

antoag5
06-04-2010, 07:23 AM
Mohon maaf, biarpun agak telat ga ada salahnya sy meneruskan saja..

Pengda Perbakin Jabar kembali akan melaksanakan
Uji Keterampilan Menembak
pd tgl 19-20 Juni 2010,
di Lapbak Sekolah Polisi Negara (SPN) Cisarua, Lembang, Bandung
pendaftaran terakhir tgl 12 Juni 2010
bagi yg berminat bisa menghubungi Sekretariat Perbakin Jabar 022-5232143

sbg info, Uji Keterampilan Menembak ini diperlukan sebagai syarat ut dpt mengikuti Penataran Bidang Berburu..

demikian sekilas info, mhn maaf apbl ada kesalahan & kurang berkenan....

denger2 katanya mau diundur ?
apa bener ?

B3DL
06-04-2010, 10:20 AM
denger2 katanya mau diundur ?
apa bener ?

blm dpt konfirmasi terbaru bro, nanti kl ada sy infokan ya, mtr nuwun...

hurepoze
07-18-2010, 07:25 AM
thx broo nambah pengetahuan
tapi ribet juga yaa ...

rimba900
07-18-2010, 09:06 PM
weleh di adakan lagi ya?
sertifikat yg mey gmn ya ? udah jadi lom?
klo udah jadi kek na hrs ke sana lagi nih buat ngambil serti fikat plus "pelantikan" wakakakakakak